Pemko Medan Dukung Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif

Mawardi Tombang
Senin, 26 Agustus 2019 11:00:16
Rapat Dengar Pendapat (RDP) Terkait Pembahasan Keadaan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif)

MEDAN Kanalsumatra.com - Pemko Medan mendukung penuh dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif di Kota Medan. Kehadiran Badan Ekonomi Kreatif itu nantinya dapat menampung para pelaku kreatif yang ada di Kota Medan. Dengan demikian setiap kali Pemko Medanmenggelar event, Badan Ekonomi Kreatif dilibatkan sehingga pelaksanaan event akan lebih baik dan bewarna lagi ke depannya.

Demikian terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Terkait Pembahasan Keadaan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) Kota Medan di Ruang Rapat Komisi III DPRD Kota MedanPemko Medan dalam RDP tersebut diwakili Plt Kadis Pariwisata Kota Medan Renward Parapat, Kadis Perindustrian Zulkifli Sitepu, Kadis Kebudayaan OK Zulfi serta Kabag Perekonomia Nasib.

Di hadapan anggota Komisi III yang dipimpin Boydo HK Panjaitan selaku ketua, Renward mengungkapkan, terkait masalah ekonomi kreatif, Pemko Medan melalui OPD terkait yakni Dinas Pariwisata sudah memiliki satu bidang bernama E-Creatif. Dikatakann ya, ada 16 kegiatan yang telah dimuat dalam E-Creatif tersebut.

"Sebanyak 16 kegiatan kreatif tersebut berupa aplikasi dan pengembangan permainan, arsitektur, fashion, desain interior, desain komunikasi visual, seni pertunjukan, film, animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni rupa, dan televisi dan radio,” jelas Renward.

Meski demikian bilang Renward, Pemko Medan siap mendukung dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif karena akan menjadi wadah berkumpulnya para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan. Dengan demikian para pelaku ekonomi kreatif dapat berkreasi dan berinovasi untuk memberikan yang terbaik.

Baca: Sekda Minta BPR Pekanbaru Kejar Piutang yang Belum Tertagih Sebesar Rp2,3 Miliar

Dukungan juga disampaikan Kadis Perindustrian Kota Medan Zulkifli Sitepu. Dia berharap pembentukan Badan Ekonomi Kreatifsegera direalisasikan, sehingga badan ini nantinya dapat menampung para pelaku ekonomi kreatif untuk berkreasi, sehingga menghasilkan produk terbaik. Apalagi jika produk yang dihasilkan itu melalui kolaborasi dengan nuansa budaya yang ada di Kota Medan.

“Dengan sentuhan para pelaku ekonomi kreatif, produk yang dihasilkan sebelumnya tidak memiliki nilai jual akhirnya menjadi produk terbaik dan memiliki nilai jual tinggi. Jadi kita snagat mendukung pembentukan Badan Ekonomi Kreatif,” ungkap Zulkifli.

Dukungan pembentukan Badan Ekonomi Kreatif juga mengalir dari Kadis Kebudayaan OK Zulfi. Dikatakannya, pembentukan Badan Ekonomi Kreatif perlu dilakukan untuk mewadahi sleuruh pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan. “Saya sangat setuju dengan dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif. Badan ini kita harapkan dapat menjual kerajinan yang dihasilkan suatu budaya dengan sentuhan para pelaku ekonomi kreatif di Kota Medan ini," ujarnya.

Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif mencuat setelah Andre, perwakilan pelaku ekonomi kreatif di Kota Medan dalam RDP itu mengusulkan dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif sebagai wadah mereka berkreasi.

"Kedatangan kami ke Kantor DPRD Medan ini untuk menyikapi keresahan terhadap Kota Medan. Padahal banyak yang bisa dikembangkan di kota yang kita cintai bersama namun tidak dilakukan. Untuk itu melalui pembentukan Badan Ekonomi Kreatif, para pelaku ekonomi kreatif dapat berkumpul dan mengembangkannya. Sekarang ini zaman industri 4.0 sehingga Kota Medan harus mampu mengikuti zaman yang kian berkembang," ungkap Andre.

Menyikapi hal itu Ketua Komisi III C DPRD Kota Medan Boydo HK Panjaitan, menyetujui usulan tersebut dan minta Pemko Medan agar membentuk Badan Ekonomi Kreatif supaya bisa mengakomodir kegiatan yang ada di SKPD agar lebih kreatif bekerjasama dengan para pelaku ekonomi kretatif yang ada di Kota Medan. “Jadi kita akan lakukan rapat pembahasan lanjutan guna menindaklanjuti pembentukan ekonomi kreatif tersebut,” ujar Boydo

Lainnya
Amazon Investasi Rp9,8 T ke Startup Kendaraan Listrik
Amazon Investasi Rp9,8 T ke Startup Kendaraan Listrik
Bisnis Online Batam Menjerit, Ini Sengkarutnya..
Janji Pemerintah Untuk Swasembada Kedelai Makin Tak Jel
Pemerintah Targetkan Tol Bakauheni-Terbanggi Dapat Dile
Politik
DPC PPP Kampar Safari Ramadhan di Desa Rantau Kasih, Berikan Santunan Anak Yatim
DPC PPP Kampar Safari Ramadhan di Desa Rantau Kasih, Berikan Santunan Anak Yatim
Dari Rakerwil PKS Riau: Perkuat Pelayanan dan Pembelaan
Fokus dengan 2 tujuan, Pesan Hendry Munief saat Tutup R
Hukum
Tiga Petugas KPK Gadungan Ditangkap di Pulau Nias, Teror Kepsek dan Kades
Tiga Petugas KPK Gadungan Ditangkap di Pulau Nias, Teror Kepsek dan Kades
MM Minta Keadilan ke Polda Riau Tangkap Pelaku Pembunuh
Marzuki Alie Laporkan AHY cs Terkait Pencemaran Nama Ba
Ekonomi
Harga TBS Kelapa Sawit Riau Mengalami Kenaikan Untuk Periode 14 - 20 April 2021
Harga TBS Kelapa Sawit Riau Mengalami Kenaikan Untuk Periode 14 - 20 April 2021
Harga TBS Kelapa Sawit Riau Mengalami Penurunan Untuk P
Yuyun Gelar Diklat UMKM dan Bumdes Naik Kelas, Gandeng
Kriminal
Lawan Terorisme, Indonesia Dapat Tiru Konsep CTAP Selandia Baru
Lawan Terorisme, Indonesia Dapat Tiru Konsep CTAP Selandia Baru
Bom Bunuh Diri di Makasar, Pelaku Pasangan Suami Istri
Polresta Pekanbaru Berhasil Tangkap Tahanan Narkoba Yan
Entertainment
Tunggu ya , Serial Televisi Star Wars Segera Diproduksi
Tunggu ya , Serial Televisi Star Wars Segera Diproduksi
Ustadz Abdul Somad di Medan: Ngeri-ngeri Sedap Juga Kur
Peserta BPJS Kesehatan Kabupaten Solok Apresiasi Pelaya
Olahraga
Turnamen Boxing Piala Wako Batam Sukses Digelar
Turnamen Boxing Piala Wako Batam Sukses Digelar
Keluarga Besar Kecamatan Binawidya Canangkan Olahraga B
Jelang Perempatfinal Liga Champions Porto Taklukkan Juv
Budaya
Gubernur Sumsel Optimis Kain Khas Sumsel Tembus Pasar Nasional
Gubernur Sumsel Optimis Kain Khas Sumsel Tembus Pasar Nasional
Aksi Tari Losung Desa Ranah Sungkai Kampar Pukau Pengun
Bupati Alfedri Berharap Generasi Muda Berperan Lestarik